Rabu, 03 Februari 2010

cara membaca tarot

Pasti pernah dengar yang namanya kartu Tarot. benarkah kartu ini bisa untuk meramal? mengenai kartu Tarot ini banyak versi yang bermunculan. ada yang bilang berawal dari jaman Mesir kuno, ada juga yang bilang berasal dari Amerika, Spanyol, atau perancis. tapi yang pasti, seorang seniman Prancis bernama Jacquemin Gringonneur pernah membuat kartu Tarot sebagai hiburan untuk Raja Charles VI. permainan yang dipopulerkan oleh kaum Gipsi ini kemudian dipercaya dapat "membaca" kehidupan seseorang. pembaca kartu tarot pertama adalah seorang tukang cukur bernama Etteilla yang aslinya bernama Alliette. tahun 1783 ia menerbitkan sebuah buku definisi Tarot. kaum gipsi pun melakukan hal yang sama di tahun 1800 dan menamakan buku mereka The Tarot of Bohemian.
78 kartu ajaib
Kartu Tarot terdiri dari 78 lembar kartu yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu Major Arcana sebanyak 22 lembar dan Minor Arcana sebanyak 56 lembar. kata 'arcana' sendiri berarti 'rahasia' atau 'tersembunyi'. kartu-kartu Major Arcana secara simbolik mewakili kejadian-kejadian hidup yang luas dan universal. sedangkan Minor Arcana terbagi menjadi 4 bagian: Cups, Wands, Swords dan Pentacles dan setiap bagiannya punya arti yang lebih spesifik lagi. cara membaca kartu Tarot dikenal dengan sebutan 'spread'. setiap kartu punya makna sendiri dan diterangkan dalam buku petunjukanya. jika kartu muncul dalam keadaan terbalik (reserved), artinya pun akan berbeda. di dunia ini ada kurang lebih ribuan spread yang sangat terkenal dan dapat digunakan dalam segala situasi adalah Cerlic Cross Spread. pada spread ini kita dapat mengetahui kondisi yang sedang dialami seseorang secara umum.
Kita juga bisa, kok
Serunya, karena tiap simbol memang ada 'panduan' membacanya, semua orang dapat bermain kartu Tarot. untuk membacanya, kita tidak usah berpatokan pada arti gambar secara harfiah. tapi pikirkan sesuatu yang lebih 'dalam' lagi dan kita hubungkan artinya dengan kartu-kartu lainnya. ikutilah step by step-nya berikut ini :
- Bikin ritualmu
kamu boleh punya aturan sendiri, jika kamu juga boleh bikin ritual sendiri.
konsisten dengan Spread yang selalu kamu lakukan pertama kali.
ciptakan suasana hening untuk membantu konsentrasi.
- Kocok kartunya
kocok kartu dalam keadaan menghadap ke bawah agar tak terlihat.
hati-hati jangan sampai kartu terlipat.
berhentilah mengocok kartu saat kamu merasa sudah saatnya berhenti. ingat-ingat kalau ada kartu yang jatuh, karena bisa saja kartu itu berhubungan dengan kartu lainnya yang akan dibaca nanti.
- ketika mengambil kartu tarot secara acak kalian harus benar-benar kosentarasi dan benar-benar mengambil dengan pikiran dan hati ,jiwa,perasaan kita
- Saatnya membaca
keluarkan apa yang ada di pikiranmu tentang kartu yang dibuka.
kalau kamu lupa arti dari salah satu kartu, jangan takut. lihat baik-baik kembali kartu tersebut dan konsentrasi untuk menghubungkan dengan kartu sebelumnya.
jangan minta pendapat dari teman yang kamu baca, sebelum kamu selesai membaca semua kartu.
jangan takut salah, karena saat membaca kartu ini kamu harus bisa membiarkan intuisimu yang berbicara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar